Langsung ke konten utama

Maret / March



Maret / March

Alhamdulilah Bulan Maret yang cukup panjang dan melelahkan akhirnya berakhir, kalau dipikir-pikir selama sebulan ini cukup banyak kerjaan yang menghampiri tapi itu bukan alasan kalau harus menyerah atau seadanya dalam pekerjaan yang dilakukan. Mungkin dalam waktu Senin – Jum’at kalau dibilang Cuma bisa numpang istirahat saja dirumah, sebab ya berangkat pagi dan pulangnya tentu agak larut sekitar jam 9 malam ke atas lah.
Pada bulan ini juga bersyukur untuk berpindah pekerjaan yang sebelumnya lebih sering menyalahkan orang lain, tapi sekarang justru sebaliknya ialah mengajar orang lain atau menjadi seorang trainer. Sebelumnya kalau dingat-ingat awal tahun ini ingin sekali mencari tempat kerja yang baru yang lebih baik segalanya termasuk dalam jenjang dan karirnya, namun karena pekerjaan yang cukup numpuk di Bulan Februari dan susahnya rekrutmen trainer membuat hampir selama 2 bulan ini sama sekali tidak sempat untuk mencari tempat kerja yang baru tersebut.
Mungkin sudah rezeki dari yang Maha Kuasa sebenarnya juga tidak terlalu berharap dengan rekrutment tersebut, karena hamba tahu peminatnya cukup banyak serta saingannya cukup berat karena ada beberapa yang lebih baik untuk kemampuannya. Apapun itu hamba bersyukur sekali karena dengan menjadi trainer untuk jenjangnya bisa lebih baik walau tantangan pekerjaan yang dihadapi cukup berat tapi ya dalam hidup tentu ingin berusaha untuk lebih baik lagi supaya tahu sebenarnya diri ini mampu atau tidak untuk menghadapi setiap tantangan tersebut.
Dulu sempat berpikir mungkin enak menjadi seorang trainer dengan mengajarkan orang lain untuk berkembang lebih baik dan tidak disangka-sangka harapan tersebut bisa terwujud juga dengan proses yang cukup panjang untuk meraihnya. Tetap berusaha untuk melakukan apapun yang terbaik, walau terkadang orang mungkin tidak melihat apa yang telah kita lakukan, namun Tuhan tidak pernah tidur dan lebih Mengetahui apa yang kita sudah lakukan lalu apa yang telah kita lakukan jika memang sesuatu yang baik maka tidak akan ada yang sia – sia.
Hamba sekali lagi bersyukur cukup banyak orang mensupport hamba untuk terus maju dan setiap tantangan apapun harus dihadapi dengan sebaik mungkin, ya mungkin ada benarnya jika kita berbuat baik kepada siapapun, Insya Allah kita akan mendapatkan kebaikan yang sama dan itulah yang hamba rasakan.
Saat ini sedang menikmati pekerjaan yang baru ini dan berusaha dengan maksimal agar setiap yang kita berikan bisa bermanfaat untuk orang lain, karena tujuan menjadi trainer tentu agar peserta trainingnya bisa bertambah knowledge dan membagi pengalaman yang sebelumnya sudah hamba rasakan, agar mereka tentunya bisa diaplikasikan ketika sudah terjun di floor tentunya.
Allah memang terlalu baik terhadap hamba, walau seringkali hamba lupa terhadapMu tapi Engkau selalu mengabulkan setiap permohonan yang hamba inginkan dan rasanya malu dengan kondisi hamba yang sekarang bisa dikatakan bukan seorang muslim yang taat.
Intinya sekali harus bersyukur banyak – banyak atas rezeki yang Allah telah berikan karena banyak diluar sana yang masih kesulitan dalam mencari pekerjaan dan banyak sekali orang – orang yang saat ini mengalami ujian yang cukup berat ketimbang yang saat kita alami. Hanya dengan bersyukur kita bisa menjadi rendah hati, selalu mengingatNya, selalu menjalani apa yang Dia perintahkan dan selalu memohon untuk diberi petunjukNya setiap saat sebab tidak semua manusia mendapatkan petunjuk atau hidayah dari Allah maka ketika kita mendapatkan sebuah petunjuk maka hal tersebut merupakan anugrah yang luar biasa…..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarana Prasarana Pendidikan Formal dan Nonformal

BAB II PEMBAHASAN A.       Peran Pendidik dalam Perencanaan Kebutuhan Sarana, Pengadaan, Inventarisasi, Penataan/Penyimpanan, Pemakaian, Pemeliharaan, Penghapusan dan Pengawasan Sarana dan Prasarana di PKBM 13 Cipinang 1.       Hakikat Sarana dan Prasarana Pendidikan Menurut Suharsimi Arikunto (1987), sarana pendidikan ialah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar, baik yang bergerak maupun tidak bergerak agar mencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien. Prasarana pendidikan adalah alat yang tidak langsung yang digunakan untuk pencapai tujuan pendidikan. Yang termasuk prasarana misalnya ; Bangunan sekolah, lapangan olahraga, asrama guru, dan sebagainya.   2.       Hakikat Manajemen Sarana dan Prasarana Meurut Ari Gunawan (1996) Manajemen sarana dan prasarana pendidikan merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan da...

penerapan andragogi

Penerapan andragogi dalam Metode Pembelajaran Penggunaan metode pembelajaran dalam pendidikan orang dewasa berimplikasi pada penggunaan teknik pembelajaran yang dipandang cocok digunakan di dalam menumbuhkan perilaku warga belajar. Knowles mengklasifikasi teknik pembelajaran dalam mencapai tujuan belajar berdasarkan tipe kegiatan belajar, yakni; sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kegiatan belajar pada pendidikan orang dewasa masih merupakan kegiatan belajar yang paling efisien dan paling dapat diterima serta merupakan alat yang dinamis dan fleksibel dalam membantu orang dewasa belajar. Oleh karena, kegiatan belajar merupakan alat yang dinamis dan fleksibel dalam membantu orang dewasa, maka penggunaan metode belajar diperlukan berdasarkan prinsip-prinsip belajar orang dewasa. Metode belajar orang dewasa adalah cara mengorganisir peserta agar mereka melakukan kegiatan belajar, baik dalam bentuk kegiatan teori maupun praktek. ( Anonim: 2006) Metode pembelajaran yang dapat dig...

Tenaga Kependidikan Dalam Pendidikan Luar Sekolah

Tenaga PNF, yang disebut juga PTK-PNF (Pendidik dan Tenaga Kependidikan – Pendidikan Nonformal). Berikut adalah ketenagaan PNF : Pendidik pada PNF :   Pamong Belajar adalah PNS yang bertugas untuk melaksanakan pengembangan model, pembuatan percontohan serta penilaian dalam rangka pengendalian mutu dan dampak pelaksanaan program PNFPI sesuai dengan Kepmenko-wasbangpan.  Pendidik atau pamong PAUD adalah Tenaga honorer yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang melaksanakan pembelajaran pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini jalur nonformal seperti kelompok bermain, taman penitipan anak, dan satuan PAUD sejenis .   Instruktur Kursus adalah Tenaga Pendidik yang bertugas untuk melaksanakan pembelajaran bagi warga masyarakat yang membutuhkan keterampilan tertentu yang dapat digunakan untuk keterampilan hidup dan dimanfaatkan sebagai mata pencarian.  Tutor Pendidikan NonFormal (PNF) adalah anggota ma...